Jumat, 05 November 2010

Kepemimpinan menuju kesuksesan

LEADERSHIP DAN MANAJEMEN
Oleh : Zulfikar, S.Sos.I
LEADERSHIP
Hampir seluruh pakar manajemen sependapat bahwa keberhasilan suatu usaha
dipengaruhi oleh manajemen dan berjalan tidaknya manajemen tersebut tergantung
pada fungsi leadership.
Kemampuan mempengaruhi dan mengarahkan aktifitas yang berhubungan dengan
tugas dari mitra kerja adalah leadership.
Ada dua teori kepemimpinan yang biasa dikenal :
Teori situasional leadership.
Teori Masao Nemoto.
PEMIMPIN YANG EFEKTIF
Memimpin itu susah-susah gampang karena kemampuan pemimpin dan yang
dipimpin tidak sama dalam banyak aspek termasuk kemampuan menghadapi situasi
yang berbeda. Sering kesesuaian kedewasaan pemimpin dengan bawahan tidak
seimbang oleh karena itu kemampuan bawahan bervariasi :
Ada bawahan yang tidak mau dan tidak mampu
Ada bawahan yang mau tetapi tidak mampu
Ada bawahan yang tidak mau tetapi mampu
Ada bawahan yang mau dan mampu
Kepemimpinan Masao Nemoto
Prinsip kepemimpinan Nasao Nemoto :
1. Improvement after improvement, menciptakan atmosphere yang
mendatangkan perbaikan oleh orang lain.
2. Coordination between division
3. Everyone speaks
4. Don`t scold
5. Make Sure others undesrstand your work
6. Send the best employee out for roration
7. A command without a deadline is not a command
8. Training pegawai
9. Inspection is a failure unless top management takes action
10. Ask subordinates what can I do for you
PENGENDALIAN
Unsur utama dalam pengendalian organisasi adalah komunikasi. Secara sederhana
Komunikasi adalah cara manusia membagi arti dengan menggunakan simbolik dan
komunikasi ada yang mengunakan gerakan tubuh (body language).
MANAJER DAN MANAJEMEN
Jika lebih dari satu orang bekerjasama dengan cara yang terstruktur untuk mencapai
tujuan bersama itu dapat dikatakan organisasi. Organisasi diperlukan masyarakat
karena manusia terkadang tidak mampu memenuhi seluruh keperluan hidupnya.
Keberhasilansuatu Negara juga terletak pada organisasi dan keberhasilan organisasi
terletak pada manajer.
Ada 3 (tiga) ukuran tentang keberhasilan manajer :
Efficiency = mengerjakan hal yang benar
Economy = minimisasi + maksimasi
Effectiveness = memilih hal yang benar
Menurut Tom Peters ada 8 (delapan) gaya manajemen yang membuat organisasi
berhasil :
1. Sergap bertindak
2. Dekat dengan para pelanggan (memahami kesukaan pelanggan)
3. Otonom dan berwira usaha mendorong berfikir mandiri dan kompetitif
4. Produktifitas lewat motivasi anggota organisasi
5. Mengutamakan hal yang penting bagi kemajuan usaha
6. Bertahan dengan hal-hal yang menguntungkan usaha
7. Organisasi sederhana
8. Tegas namun toleran
Hal lain yang dapat mendukung kesuksesan adalah :
1. Kesetiaan
2. Kerja keras
3. Sederhana
4. Bertindak cepat
5. Berinteraksi dengan pelanggan (berfikir menurut selera mereka)
6. Menghargai mitra
7. Mempertahankan misi
PERAN MANAJER :
1. Dalam bekerjasama dengan orang dalam dan luar organisasi untuk
mencapai tujuan organiasi
2. Dalam saluran komunikasi organisasi untuk melakukan fungsi
manajemen
3. Dalam pertanggungjawaban keberhasilan pekerjaan perusahaan dan
bawahan
4. Menjaga keserasian operasional
5. Berfikir integral dalam pemecahan masalah
6. Penengah dalam aneka pertentangan terutama pada saat menurunya
produktifitas dan semangat
7. Mampu menumbuhkan kerjasama untuk memperoleh dukungan
8. Diplomat perusahan (memiliki semangat marketing)
9. Lambang citra perusahaan
10. Dalam mengatasi persoalan sulit dengan resiko besar
MANAJEMEN
Robert Owen (1771-1858) ia dikenal sebagai bapak manajemen personalia modern.
Manajer yang lain tertarik pada perbaikan teknik sedang ia tertarik pada perbaikan
lingkungan kerja dan peningkatan kesejahteraan. Ia juga mengatur jam kerja dan usia
kerja.
PERILAKU
Ada 5 (lima) perilaku penting bagi seorang leader Muslim :
Memahami kemana arah waktu berjalan, mengendalikannya daripada waktu
yang mengendalikan anda
Focus terhadap hasil yang jelas, daripada hanya menjalankan rutinitas
pekerjaan itu sendiri
Membangun ketegaran lewat optimism
Memahami beberapa bidang yang terkait dengan kelancaran kerja
Percaya sepenuhnya Allah membantunya
MANAJEMEN SDM
Fungsi manajemen yang membangun SDM dikenal dengan HRM yang berfungsi
untuk :
Recruitment (mencari pekerja sesuai standard perusahaan)
Penempatan (menempatkan personil sesuai dengan ketrampilannya)
Training (membantu karyawan meningkatkan kemampuan diri dan mampu
beradaptasi dengan kebijakan yang ada diperusahaan)
Pengembangan lainnya (promosi) disamping untuk menggali potensi
karyawan demi kemajuan perusahaan juga untuk penyegaran karyawan
dengan suasana baru.
TANGGUNGJAWAB SOSIAL
Kesadaran lain yang harus dimiliki oleh seorang leader adalah bahwa apa yang
mereke lakukan tidak semata hanya untuk keperluan pribadi dan kelompoknya namun
ada aspek lain yang mesti disadari yaitu “ tanggungjawab sosial ” dimensi ini akan
membuat semangat dan motifasi kerja. Tanggungjawab ini juga mengandung arti
bahwa mereka manusia dan beragama.
Hal lain yang harus disadari oleh pemimpin adalah dasar dari motivasi kerja karena
ini secara terselubung sangat berpengaruh terhadap ruh suatu pekerjaan, motivasi
adalah hal yang mendorong suatu tindakan.
TABEL DIRI DAN KOMITMEN
WINNER LOSER
Membuat komitmen Membuat janji
Bekerja dalam persoalan Bekerja diluar persoalan
Belajar dari keberhasilan orang Tidak senang keberhasilan orang dan
mencari kekurangannya
Mengetahui apa yang harus diperbuat Mengurus yang tidak perlu
Berkata “ saya bagus tapi bukan yang
terbagus ”
Saya bukan yang terjelek
Lebih senang dikagumi dari disukai Lebih senang disukai dari dikagumi
Jika berbuat salah berkata “ saya
salah “
Itu bukan salah saya saja
Minta maaf dan tidak mengulanginya Mengulangi kesalahan
Bekerja keras lebih dari semestinya Mencari peluang santai
Harus ada penyelesaian yang lebih
baik
Memang begini cara disini
Mendengarkan pendapat orang lain Menunggu giliran bicara
Keberhasilan lewat kerja keras Keberhasilan adalah nasib dan bakat
optimis Pesimis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ya